Halaman

Selasa, 01 November 2011

cara menghitung score golf

Secara singkat disini saya akan memperkenalkan Golf kepada teman-teman semua. Mulai dari lapangannya sampai cara melakukan perhitungan score. Lapangan Golf pada umumnya memiliki jumlah lubang (hole) sebanyak 18 lubang. Setiap lubang tersebut memiliki nilai (score) masing-masing.
Nilai atau score dari masing-masing lubang tersebut dinyatakan dengan istilah PAR
Dalam sebuah lapangan Golf score dari lubang-lubang tersebut akan bervariasi dari PAR 3, PAR 4 dan PAR 5. 

Sebagai contoh, lubang 1 dinyatakan PAR 4, artinya, apabila seorang pemain golf melakukan jumlah pukulannya sampai masuk ke dalam lubang (hole) berjumlah 4 pukulan, maka nilai pemain tersebut adalah 4 atau dinyatakan dengan istilah PAR
Seandainya dalam memainkan lubang tersebut pemain yang bersangkutan menyelesaikannya dengan jumlah 5 pukulan, maka score-nya adalah 5 dan di dalam golf dinyatakan dengan BOGEY, kalau dengan 6 pukulannya istilahnya adalah DOUBLE BOGEY. Pemain yang sudah mahir akan berusaha untuk menyelesaikan lubang PAR 4 ini hanya dengan 3 pukulan, dan dalam Golf dinyatakan dengan BIRDIE
Apabila sebuah lubang dinyatakan sebagai PAR 5, dan pemain yang bersangkutan mampu memasukan bola kedalam lubang hanya dengan 3 pukulan saja, maka score-nya adalah 3 dan istilahnya dalam golf disebut EAGLE.


Pada umumnya, lapangan golf dengan 18 lubang memiliki PAR 72 dan memiliki tempat awal memukul atau Tee Box yang terbagi 3, yaitu Tee Box Merah untuk wanita (Ladies), Putih untuk pria dengan Handicap menengah, Biru untuk pria dengan handicap rendah (single) dan Hitam untuk para pemain profesional.
Kemampuan seseorang bermain golf ditentukan dengan HANDICAP yang dimilikinya, semakin kecil nilai Handicap yang dimilikinya berarti yang bersangkutan tersebut semakin mahir di dalam bermain golf.. Bagi Pemula biasanya dimulai dari Handicap 32 atau Handicap 28. 




Jelasnya apa sih yang dimaksud dengan Handicap di dalam golf itu? Singkat kata, seorang pemain Golf misalnya memiliki Handicap 10 berarti maksimum Score yang diharapkan tidak melebihi 82 ( 72 + 10 ).Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, sebuah lapangan golf dengan 18 lubang pada umumnya memiliki PAR 72. Seorang pemain golf dengan Handicap 15 dinyatakan sesuai dengan Handicap yang dimilikinya apabila dia mampu menyelesaikan permainannya dengan Score 87 (even Handicap), dan dinyatakan bermain baik apabila mampu mencatat Score misalnya 80 (under Handicap).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar